Contoh Teks Fabel

Teks Fabel 

TEKS  FABEL adalah materi pelajaran bahasa indonesia yang akan kita bahas kali ini. Adapun materi teks cerita fabel yang akan kita bahas kali ini yaitu tentang pengertian, struktur teks, kaidah kebahasaan, dan juga contoh teks cerita fabel singkat beserta strukturnya. Berikut struktur teks cerita fabel : 
 
1. Orientasi  (Perkenalan) 
   Pada tahap oini pengarang memulai cerita dengan mempekenalkan tokoh, tempat tinggal, lingkungan tokoh, dan suasananya. 
2. Komplikasi 
   Pada tahap ini tokoh cerita mulai menghadapi suatu masalah (munculnya permasalahan).
3. Rangkaian Peristiwa 
   Tahap ini memaparkan rangakaian peristiwa yang menggambarkan bagaimana tokoh beraksi terhadap permasalahan yang muncul. 
4. Resolusi (Penyelesaian) 
   Tahap ini merupakan akhir suatu cerita yang ditandai dengan terselesaikannya permasalahan yang dihadapi oleh tokoh. 
5. Koda (Amanat)
   Berisi komentar yang bersumber dari nilai-nilai moral yang patut diteladani dari cerita. 

Contoh Teks Fabel 

Kancil dan Burung Gagak 
    
          Pada musim yang kering di hutan semua hewan-hewan sulit untuk mendapatkan air. Semua sungaipun kering kerontang tanpa adanya air didalamnya. Suatu hari burung gagak pergi mengelilingi hutan umtuk mencari air, tetapi ia tidak segera menemukannya. Ditengah perjalanan ia menemukan kendi yang berisi air. Si burung gagak sangat ingin meminum air didalam kendi tersebut, tetapi leher kendi yang panjang dan kecil membuatnya sulit untuk menjamgakaunya. Burung gagak merasa putus asa dia berfikir ia akan mati kehausan. 
         Kemudian, dengan tiba-tiba kancil datang dari arah sungai saat si burung gagak marah dan kancil melihat gagak melemparkan sebuah batu kecil kedalamnya. Kancil bertanya "Apa yang kau lakukan di tengah hutan begini, gagak?" "Aku sedang bingung bagaimana untuk menjangkau air ini?". 
          Tak lama kemudian kancil mendapat ide yang dapat membantu gagak, "Bagaimana jika kamu mengumpulkan batu kecil dan memasukannya kedalam kendi?" kata sikancil. Gagakpun menjawab "Ya itu adalah ide yang bagus." . Kemudian gagakpun melakukan apa yang diperintah oleh kancil. Setiap kali gagak memasukkan batu kecil , berangsur-angsur naik hingga air tersebut naik kepermukaan kendi. Ternyata ide kancil berhasil, akhirnya mereka dapat meminum air tersebut bersama-sama dan rasa haus yang mereka miliki seketika hilang. Kita sebagai makhluk hidup harus saling tolong menolong dan jika kita merasa kesulitan dalam menghadapi suatu masalah kita tidak boleh berputus asa saat menghadapinya. 






Follow IG @pingganratu_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Biodata Xiumin EXO

Biodata Baekhyun - EXO