Contoh Teks Ulasan Novel

Pintu Harmonika 

Image result for novel pintu harmonika


          Pintu Harmonika adalah salah satu cerita karya tulis oleh Clara Ng, dan Icha Rahmawati. Menceritakan tentang kehidupan keluarga yang tinggal di Ruko dan tentang remaja, tentang dunianya, pikiran, ekspresi bahasa, dan gestur hidup remaja. Perjuangan Rizal, Juni, dan David untuk mempertahankan surga sangat berharga dan rintangan yang dihadapinya sangat banyak. 
          Di Bab pertama diceritakan tokoh "gue" adalah Rizal yang selalu memikirkan tentang nama baiknya yang selalu jadi prioritasnya. Dia tinggal di rumah toko milik ayahnya yang menjadi pengusaha toko kelontong. Bersama dua anak tetangga lainnya yaitu Juni dan David, mereka meluangkan waktu disuatu tempat yang mereka temukan di belakang ruko mereka. Di Bab kesembilan diakhiri cerita Rizal. Dilanjutkan pada bab kesepuluh diceritakan tokoh "aku" adalah Juni. 
          Juni yang selalu dibully di sekolahnya, pada suatu hari ia mendapatkan masalh yang menyebabkan usaha ayahnya bangkrut. Dan di bab ke limabelas diceritakan tokoh "saya" adalah David yang merasakan kejadian-kejadian aneh. Cerita Ini diakhiri dengan kepergian David dan Imelda ibu David mendirikan cafe yang diberi nama "CAFE DAVID" 
          Novel ini membuat kita mengenal remaja secara lebih dan dapat memahami cerita dari segala sisi. Tema untu seperti ini jarang diangkat oeh novel-novel lainya. Cerita novel ini sangat bermnfaat untuk menyadarkan kita semua, betapa anak-anak dan remaja pada dasarnya sangat mendambakan adanya rumah yang ramah anak. Pada bagian bab epilog bahsa yang disajikan agak tidak jelas saat kita membaca, seperti tidak ada hubungan dari bab-bab sebelumnya. 
          Novel ini dapat dibaca oleh semua umur. Akhir dari cerita ini sangat tidak terduga. Novel "Pintu HARMONIKA" ini diadaptasi dari skenario film layar lebar yang berjudul sama yaitu "Pintu Harmonika" yang ditulis oleh Clara Ng dan Ginatri S.Noer. Hikmah yang dapat kita ambil dari novel ini adalah jangan selalu mengandalkan nam baik sebagai yang utama dalam hidup, karena pada suatu saat nanti kamu akan terpuruk oleh nama baikmu sendiri. 




Follow IG : @pingganratu_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Biodata Xiumin EXO

Biodata Baekhyun - EXO

Contoh Teks Fabel